SEO

Apa itu SEO ? Arti, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Google merupakan suatu perusahaan teknologi terbesar saat ini, dan tentunya anda sudah tidak asing lagi mendengar nama tersebut. Selain itu, google juga merupakan mesin pencari. Bing, dan Yahoo! juga merupakan mesin pencari. Lalu apa hubungannya dengan SEO?

Biasanya pengguna internet akan melakukan pencarian pada situs pencari untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Lalu, akan keluar hasil pencarian anda, sesuai dengan urutannya. Biasanya dalam satu halaman terdapat 10 situs yang ditampilkan.

Pemilik website tentunya berlomba – lomba untuk mendapatkan tempat terbaiknya di halaman pertama hasil pencarian di mesin pencari seperti google.

Ada dua cara untuk dapat bersaing di halaman pertama, yakni SEM dan SEO. SEM adalah Search Engine Marketing dan SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Dan pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah SEO.

Sejarah Singkat Tentang SEO

sejarah seo

Istilah Search Engine Optimization untuk pertama kalinya dipergunakan pada 26 Juli tahun 1997. Namun pada saat itu praktisi SEO dan para pakar SEO akan dengan sangat mudah memanipulasi mesin pencari karena algoritmanya belum terlalu kompleks. Manipulasi mesin pencari dapat dilakukan dengan cara AGC (Auto Generated Content) dan cara lainnya seperti memanipulasi kata kunci.

Awalnya algoritma pencarian ditentukan sepenuhnya oleh informasi yang tersedia oleh webmaster yang terletak pada meta tag yang telak diletakkan pada kode html di situs mereka. Meta tag dibuat dengan mengikutsertakan keyword atau kata kunci yang akan dicapai.

Pada masa itu, para webmaster banyak yang melakukan kecurangan dengan menuliskan kata kunci yang memiliki volume pencarian yang besar, namun isi dari situs mereka tidak terkait sama sekali dengan kata kunci tersebut. Ketika mesin pencari menempatkan situs tersebut ke peringkat teratas maka hal ini menimbulkan kerugian untuk pengguna internet karena tidak mendapatkan informasi yang mereka cari dengan akurat. Namun, cara manipulasi kata kunci tersebut sekarang sudah tidak dapat digunakan lagi karena mesin pencari terus mengupdate algoritmanya.

Kemudian Larry Page dan juga Sergey Brin hadir sebagai harapan baru mesin pencari. Dua mahasiswa ilmu komputer Universitas Stanford tersebut  datang dan berusaha untuk mengatasi permasalahan yang tengah terjadi dengan cara membangun Backrub.

Cara kerja Backrub adalah dengan sistem matematika untuk menentukan peringkat halaman website sesuai dengan kata kunci. Algoritma tersebut disebut dengan PageRank.

Berikut adalah Algoritma PageRank :

Algoritme awal

PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

Salah satu algoritme lain yang dipublikasikan

PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
  • PR(A) adalah Pagerank halaman A
  • PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
  • C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
  • d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
  • N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindeks oleh Google)
Baca juga :  Manfaat SEO Untuk Bisnis Yang Tidak Disangka

Singkatnya, di dalam algoritma PageRank memiliki prinsip kerja yang menentukan peringkat tinggi melalui perhitungan Outbound dan Inbound link pada setiap halaman. Akan saya jelaskan pada artikel berikutnya.

Backrub hanyalah sebuah permulaan, dan pada tahun 1998 Larry Page dan juga Sergey Brin mendirikan Google yang tidak lain adalah versi lebih tinggi dari Backrub.

Apa Arti SEO ?

apa itu seo

Lantas, apa arti SEO sebenarnya? Secara umum SEO dapat diartikan sebagai serangkaian proses yang dilakukan oleh webmaster secara tersistemasi untuk meningkatkan jumlah atau volume trafik user yang mengunjungi halaman anda melalui hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Yahoo! dan juga Bing dengan cara memahami algoritma mesin pencarian tersebut agar dapat mencapai peringkat teratas di hasil pencarian.

Dalam hal ini, saya akan membahas hanya pada mesin pencari Google. Alasannya karena Google merupakan mesin pencari terbesar di dunia dan telah menguasai 90% pangsa pasar.

Cara Kerja SEO

Google menerapkan algoritmanya dalam menentukan halaman yang layak untuk ditempatkan pada posisi teratas mesin pencari. Google selalu mengupdate algoritmanya, tujuannya adalah untuk memberikan user experience yang lebih baik kepada pengguna internet.

Berikut ini adalah beberapa indikator yang dapat menentukan peringkat anda berdasarkan algoritma mesin pencari pada umumnya.

Indikator Dalam Search Engine Optimization

indikator search engine optimization

Faktor penentu dalam SEO tentunya akan selalu berubah karena update – update yang akan dilakukan oleh Google. Namun berikut ini adalah indikator yang relevan saat ini.

1. Struktur Slug / URL

Struktur pada slug atau URL yang tepat akan memberikan kemudahan untuk website anda dikenali oleh mesin pencari pada saat crawling. Sebaiknya anda membuat url yang sederhana, singkat, dan juga sesuai dengan topik dari isi halaman anda. Usahakan juga untuk memasukkan kata kunci yang anda incar ke dalam url anda.

Seperti yang saya lakukan pada halaman ini, judul yang saya berikan pada artikel ini adalah “Apa itu SEO ? Arti, Cara Kerja, dan Manfaatnya”, namun saya mengatur urlnya menjadi singkat dan sederhana.

https://kevinkusuma.com/seo/apa-itu-seo

2. SSL / TLS

Google sangat mementingkan user experience yang baik, sehingga keamanan dalam akses internet juga menjadi perhatian mereka.

SSL / TLS dapat mengenkripsi data yang ada pada website, sehingga keamanan data lebih terjamin. Website yang tidak menggunakan SSL / TLS ditandai sebagai situs yang tidak aman / “not secure” oleh Google.

Penggunaan SSL / TLS dapat ditandain dengan https pada url halaman anda. Jika url halaman anda masih menggunakan http berarti anda belum mengaktifkan SSL / TLS.

3. Tema / Topik

Anda diwajibkan untuk membuat konten yang berkualitas dan bermutu serta memuat informasi yang informatif untuk pengunjung website anda.

Buatlah beberapa tema atau topik yang sesuai terhadap konten anda dan saling berhubungan antar satu konten dengan konten lainnya. Contohnya saja adalah anda mempunyai blog tentang bisnis. Maka setidaknya ada beberapa hal yang akan anda bahas mengenai peluang bisnis online tanpa modal, produk bisnis dengan margin keuntungan tinggi, cara mengelola keuangan, dan juga teknik dalam berkomunikasi misalnya.

Baca juga :  5 Cara Optimasi SEO On Page

Kaitkanlah pembahasan tersebut dan kemungkinan anda untuk muncul pada halaman pertama dari hasil pencarian di mesin pencari semakin besar karena halaman anda lebih mudah untuk dikenali oleh mesin pencari pada saat crawling.

4. Keywords / Kata Kunci

Keywords atau kata kunci di dalam dunia SEO dapat diartikan dengan sangat luas. Misalnya saja anda memasukkan kata kunci minyak angin di laman pencarian Google. Maka yang akan keluar di hasil pencarian adalah sebagai berikut ini :

minyak angin

Anda harus mengerti tujuan dari kata kunci yang hendak anda tetapkan. Sebagai contoh pada keywords minyak angin, Google tidak menyediakan informasi mengenai apa itu minyak angin, atau apa arti minyak angin, atau cara membuat minyak angin.

Justru Google mengerti bahwa apa yang diperlukan oleh pengguna internet adalah media untuk membeli minyak angin tersebut.

Jadi keyword research sangatlah penting di dalam SEO.

5. Struktur Konten

Buatlah konten yang sesuai dengan keywords yang hendak anda tuju dan buatlah isi konten tersebut menjadi suatu informasi yang dapat dengan mudah dipahami maksudnya. Buatlah pengunjung website anda dengan mudah menemukan apa yang mereka inginkan atau apa yang mereka cari dengan struktur konten yang rapih.

Sebaiknya struktur yang anda gunakan adalah heading dan subheading pada poin – poin yang penting. Selain itu juga anda dapat menambahkan gambar untuk penjelasan tambahan atau bahkan video agar pengunjung anda dapat dengan mudah memahami konten anda.

Ingat, Google sangat mementingkan user experience yang baik!

6. Meta Tag

Satu lagi poin penting agar Google dapat dengan mudah mengenali website anda adalah dengan menempatkan meta tag seperti title tag dan juga meta description pada website anda.

Title tag dan meta description akan muncul pada hasil pencarian, dan dapat membantu user juga untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Namun, jangan membuat title dan description yang terlalu panjang, karena Google akan memotongnya sesuai dengan standart yang telah ditetapkan.

7. Backlink

Backlink merupakan salah satu indikator terpenting di dalam SEO. Backlink dianggap sebagai referensi kepada website anda dari orang lain.

Semakin banyak backlink yang menuju ke website anda, maka Google akan menganggap website anda sebagai website yang memiliki kredibilitas semakin tinggi. Namun anda harus tetap memperhatikan backlink tersebut, karena backlink yang berasalh dari website dengan kualitas rendah tidak akan memberikan power yang kuat kepada website anda.

8. Page Speed / Kecepatan Loading Website

Setiap mesin pencari telah menetapkan indikator page speed ke dalam salah satu hal yang penting dalam menentukan ranking website.

Semakin cepat loading di website anda, maka akan semakin tinggi kemungkinan untuk dapat meranking di kata kunci yang hendak anda incar.

Jenis – Jenis SEO

jenis seo

SEO memiliki dua jenis, yakni SEO on page dan juga SEO off page. Anda harus memperhatikan keduanya karena sangat penting dan saling berkaitan.

Baca juga :  Pengertian SEO dan Manfaatnya

SEO On Page

Apa arti SEO on page? SEO on page adalah aktifitas pengoptimasian SEO yang dilakukan dengan memperhatikan unsur – unsur yang ada di dalam website anda.

SEO on page meliputi url / permalink, site title / judul konten, meta description, struktur konten, penetapan keywords, heading, kecepatan loading website, tema yang responsif dan juga internal link.

SEO Off Page

Sedangkan untuk SEO off page sendiri adalah serangkaian aktifitas pengoptimasian SEO yang dilakukan dari luar website anda.

Untuk keywords tertentu mungkin saja anda dapat melakukannya hanya dengan SEO on page, namun untuk keywords dengan pencarian besar dan kesulitan yang cukup berat anda membutuhkan SEO off page untuk menunjang peringkat anda di hasil pencarian.

SEO off page meliputi backlink. Anda akan membutuhkan backlink yang berkualitas agar Google menilai anda pantas untuk mendapatkan peringkat tinggi.

Manfaat SEO Untuk Website

SEO sangatlah penting di dalam website, dan merupakan kewajiban untuk semua webmaster di dunia. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dari SEO.

1. Mesin Pencari Adalah Sumber Trafik

Sebanyak 75 persen user internet sangat bergantung kepada mesin pencari untuk dapat menemukan apa yang mereka cari dan 90 persen dari mereka adalah pengguna dari Google.

Anda akan mendapatkan trafik organik yang sangat tinggi melalui kata kunci yang telah anda teliti sebelumnya tanpa menghabiskan biaya iklan.

2. Dominasi Trafik

Anda akan mendapatkan dominasi trafik jika anda menggunakan SEO dengan baik dan benar. Karena sumber trafik sesungguhnya didominasi oleh konten atau website – website yang ada di halaman pertama dari hasil pencarian mesin pencari.

Anda perlu untuk memasuki halaman pertama, karena trafik di halaman pertama adalah 91,5 % dari total trafik di mesin pencari.

3. Tidak Monoton

Anda tidak hanya mendapatkan trafik dari keywords yang anda incar. Website dengan SEO yang baik akan mendapatkan berbagai macam keywords yang meluas dengan sendirinya.

Website anda akan meranking dengan sendirinya pada kata kunci yang masih berkaitan dengan konten yang anda sajikan.

4. Brand Awareness

Ketika brand anda selalu muncul dan ditemukan oleh pengguna internet maka brand yang ada pada website anda akan semakin banyak diketahui oleh masyarakat luas. Dengan begitu pengguna internet akan merasa familiar dengan bisnis anda.

5. Sumber Pendapatan

Anda akan mendapatkan sumber pendapatan lebih dari website anda jika memiliki pengunjung yang ramai. Caranya adalah dengan melakukan penjualan produk, karena manfaat seo untuk bisnis sangatlah positif atau anda juga dapat menerima jasa iklan dari merk atau brand yang ingin memasang iklan pada website anda. Atau anda juga dapat memasang Google Adsense pada website anda.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai apa itu seo, sejarah singkat seo, cara kerja seo, jenis – jenis seo dan juga manfaat – manfaat yang dapat anda terima dalam seo.

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close