SEO

Pengertian SEO dan Manfaatnya

Banyak sekali pemilik situs atau webmaster yang belum memiliki pengetahuan mengenai apa itu SEO. Jika kamu adalah salah satu dari mereka, kamu bisa membaca mengenai pengertian SEO dibawah ini.

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization, yang jika dalam bahasa indonesia adalah optimasi pada mesin pencari.

Sesuai dengan artinya, SEO dilakukan untuk mengoptimasi sebuah situs agar dipandang bagus di mesin pencari. Apabila situs tersebut sudah dipandang bagus oleh mesin pencari, maka besar potensinya jika situs tersebut akan berada di halaman pertama search engine.

Situs yang berada di halaman pertama pada mesin pencari, akan memiliki trafik kunjungan yang lebih besar dibandingkan halaman lainnya. Hal itu disebabkan oleh kebiasaan banyak orang yang hanya membuka situs yang ditampilkan mesin pencari pada halaman pertama.

Halaman-halaman tersebut diatur oleh mesin pencari agar saat seseorang mengetikan suatu kata kunci, mereka akan menemukan situs yang relevan. Situs-situs tersebut kemudian akan diurutkan oleh mesin pencari, hal inilah yang sering disebut sebagai Search Engine Ranking Position atau yang biasa disingkat menjadi SERP.

Sebenarnya bukan hanya kebiasaan saja, namun memang benar kenyataannya apabila kebanyakan situs berkualitas selalu tampil di halaman pertama. Terutama pada kualitas konten yang disediakan situs tersebut.

Contohnya adalah jika kamu sedang mencari berita mengenai banjir bandang, maka kamu akan menemukan situs besar seperti kompas dan liputan6 di halaman pertama. Sedangkan untuk situs-situs kecil, biasanya akan berada di halaman kedua dan seterusnya.

Hal tersebut disebabkan karena mesin pencari yang memiliki algoritma untuk menempatkan urutan situs tersebut berdasarkan kriteria tertentu. Namun sampai saat ini, kriteria utama yang diyakini masih berlaku untuk mendapatkan halaman pertama adalah kualitas konten.

Mengulas Apa itu SEO?

apa itu seo

Pengertian SEO

Sebelumnya sudah saya katakan diatas, jika SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO sendiri digunakan untuk meningkatkan kinerja sebuah situs agar tampil di halaman pertama mesin pencari.

Dengan tampilnya situs di halaman pertama, tentu saja akan memberikan banyak sekali manfaat untuk website kamu. Baik itu website pribadi sampai website perusahaan pun akan mendapatkan peningkatan pesat apabila tampil di halaman pertama mesin pencari, terutama pada kata kunci yang banyak dicari.

Jika kamu tidak mengerti apa yang saya maksud dengan kata kunci yang banyak dicari, maka akan saya contohkan secara sederhana. Misalnya terdapat kata kunci “Apa itu SEO” dan “Pengertian SEO”.

Kata kunci “Apa itu SEO” memiliki volume pencarian hingga 17 juta, sedangkan “Pengertian SEO” hanya memiliki volume pencarian 4 juta. Maka, kata kunci “Apa itu SEO” adalah kata kunci yang banyak dicari oleh orang-orang.

Untuk menemukan kata kunci dengan volume tinggi, kita harus memahami sekiranya apa yang akan diketikan user ketika mencari sesuatu. Hal itu tentu saja dapat membantu kita untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Namun, tidak semudah itu! Karena biasanya kata kunci yang memiliki volume tinggi memiliki saingan yang sangat berat. Tetapi, bukan berarti kamu tidak akan bisa mengalahkan mereka, karena disinilah teknik SEO akan berperan.

Teknik SEO akan membantu kamu untuk mengalahkan kompetitor kamu, sehingga situs kamu akan melonjak naik.

Jenis-Jenis SEO

SEO dibagi menjadi 2, yaitu :

1. SEO On Page

seo on page

SEO On Page merupakan teknik optimasi sebuah situs yang dilakukan oleh webmaster melalui situs itu sendiri. Teknik SEO On Page utama yang harus kamu optimasi adalah kualitas konten dari situs kamu.

Baca juga :  Apa itu SEO ? Arti, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Selain kualitas konten, ada banyak hal yang dapat mempengaruhi SEO On Page antara lain :

A. Kata Kunci

Kita sudah membahas sedikit mengenai kata kunci pada paragraf sebelumnya, namun disini akan saya jelaskan kembali secara mendetail. Untuk mengoptimasi mesin pencari menggunakan kata kunci, kamu bisa menggunakan Long Tail Keyword.

Long Tail Keyword atau yang biasa disingkat menjadi LSI merupakan kata kunci yang panjang, dan biasanya mencakup lebih dari 1 kata kunci. Sebagai contoh, saya menargetkan 2 kata kunci sekaligus pada artikel ini yaitu “Pengertian SEO” dan “Manfaat SEO”.

Kemudian saya mengkombinasikan kedua kata kunci tersebut menjadi Long Tail Keyword, sehingga menjadi “Pengertian SEO dan Manfaatnya”.

Hal tersebut sangat berguna, misalnya ketika seorang pengguna mencari kedua kata kunci tersebut pada mesin pencari. Karena situs saya memiliki LSI yang mencakup 2 kata kunci, maka besar kemungkinan jika situs saya akan ditemukan lebih sering oleh banyak orang.

Jika kamu ingin mengoptimasi SEO On Page, kamu bisa membaca artikel Cara Optimasi SEO On Page untuk lebih jelasnya.

2. SEO Off Page

seo off page

Jika SEO On Page dilakukan melalui situs itu sendiri, maka SEO Off Page adalah teknik optimasi yang dilakukan melalui luar situs tersebut.

Teknik SEO Off Page yang paling populer dari dulu hingga saat ini adalah backlink. Backlink sangat berguna untuk meningkatkan otoritas situs kamu, sehingga dapat memiliki kedudukan yang kuat dan tinggi di mesin pencari.

Backlink pun sering dilakukan oleh situs-situs besar untuk mendapatkan Page One, namun pemasangan backlink tidak bisa dilakukan semena-mena. Karena penanaman backlink yang salah dapat menyebabkan dampak negatif terhadap situs kamu.

Ada teknik lain yang sama populernya dengan backlink, yaitu social signal. Namun, sebenarnya hal ini masih menjadi perdebatan banyak pakar SEO. Sehingga tidak bisa diyakini apabila social signal adalah salah satu teknik SEO Off Page.

Baca juga :  5 Cara Optimasi SEO On Page

Tetapi bukan berarti tidak ada manfaatnya. Social signal sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengunjung dan membangun brand awareness terhadap situs kamu.

Manfaat SEO

manfaat seo

1. Mendatangkan Banyak Pengunjung

Seperti yang sudah saya katakan diatas, penggunaan teknik SEO dapat meningkatkan kunjungan terhadap situs kamu. Traffic yang kamu dapatkan melalui teknik SEO pun akan menjadi traffic organic yang memang dikenal sangat baik untuk meningkatkan kualitas situs.

Sampai saat ini traffic organic masih diyakini sebagai sumber traffic yang paling penting dan berkualitas untuk situs. Namun bukan berarti traffic dari social media, dan traffic lainnya tidak penting, semuanya penting untuk situs kamu!

2. Meningkatkan Brand Awareness

Apabila situs kamu sering muncul melalui berbagai kata kunci yang banyak dicari orang lain, tentu saja brand terhadap situs kamu akan meningkat secara perlahan.

Hal ini tidak jauh berbeda apabila kamu memasang iklan, namun penggunaan iklan memang lebih cepat untuk membangun brand. Meskipun begitu, penggunaan SEO bisa dilakukan secara gratis tanpa harus membayar seperti metode advertising.

Namun apabila kamu tidak memahami mengenai SEO, lebih baik kamu menggunakan jasa seo terpercaya agar tidak memberi dampak buruk terhadap situs kamu. Hal ini pun sudah dijelaskan oleh Google dalam Bantuan Search Console.

Jadi, berhati-hatilah jika kamu ingin menggunakan teknik SEO terhadap situs kamu. Karena dampak negatifnya tidak main-main, situs kamu bisa memasuki sandbox dan mengalami deindex (tidak terindex) oleh mesin pencari.

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close